Komputer

it's all about computers ✨🖥️


 (1) PENGERTIAN KOMPUTER



Pada awalnya, istilah computer merupakan julukan seseorang yang ahli di bidang aritmatika (baik menggunakan alat hitung ataupun tidak). Barulah pada tahun 1897 ditujukan kepada perangkat mesin yang digunakan sebagai alat hitung.

Hal tersebut terus mengalami pergeseran hingga sekarang komputer dimaknai sebagai seperangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. Yang satu dengan lainnya saling bekerjasama untuk menghasilkan sebuah informasi berdasarkan data, prosedur dan program yang sudah dirumuskan.

Donald H. Saders mendefinisikan sebagai sebuah sistem elektronik yang bisa memanipulasi data secara cepat dan tepat. Diorganisasikan dan dirancang secara otomatis. Yang berfungsi menerima dan menyimpan data. Kemudian diproses dan menghasilkan sebuah output berdasarkan instruksi-instruksi yang ada dalam memory.

Sedangkan menurut Larry dan Nancy Long yaitu alat  elektronik yang digunakan untuk menghitung serta mampu melaksanakan  dan menginterpretasikan perintah. Diantaranya adalah input, output, operasi logik, dan perhitungan lain-lain.

Menurut VC Hamazer ZG komputer yaitu sebuah mesin penghitung elektronik. Yang mana, keberadaannya, mampu dengan cepat menerima informasi input digital. Memproses sesuai program yang diminta dan tersimpan dalam memory. Hingga pada akhirnya, menampilkan sebuah informasi.

William Sawyer juga ikut mendefinisikan yaitu sebuah mesin multiguna. Dapat diprogram dan menerima data (baik berupa gambar ataupun fakta). Kemudian diproses dan dimanipulasi hingga keluar sebuah informasi yang bisa digunakan oleh manusia.

Kesimpulannya komputer yaitu seperangkat elektronik yang mampu melakukan serangkaian tugas.  Seperti menerima input, kemudian memprosesnya sesuai dengan perintah atau instruksi yang diberikan. Output yang dikeluarkan berupa informasi. 


(2) SEJARAH KOMPUTER



Komputer mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun. Yang mana pertama kali muncul belum terliat seperti saat ini yang Anda gunakan. Melainkan, benar-benar seperti mesin penghitung. Fungsinya juga sangat sederhana, hanya sebagai alat pembantu perhitungan matematika.

Kemudian beberapa pakar menemukan rumus, kode perintah, pemrograman, dan memori perintah. Sebagaimana saat ini Anda gunakan.

Oleh karena itu, setelah mengetahui pengertian komputer. Anda juga harus paham bagaimana perkembangan dan asal-usulnya. Sejarah komputer generasi pertama yang dikenal dengan Electronic Numerical Integrator and Calculator) yaitu sebuah alat digital elektronik yang dirancang pada Tahun 1942.

Baru selesai pada tahun 1946.  Dikerjakan oleh John Presper Eckert dan Dr. John. W Mauchly di University of Pennsylvania). Hingga saat ini ada lima generasi komputer :

1. Generasi Pertama (Tabung Vakum)

Pada tahun 1946 komputer diciptakan dengan tabung vakum sebagai komponen utamanya. Beratnya hampir 30 ton. Tapi hal ini sangat tidak efisien karena membutuhkan daya listrik yang besar serta panas yang berlebih. Generasi pertama ini, masih menggunakan bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer itu sendiri.

Inputnya menggunakan sebuah pita kertas dan punched card. Dengan output berupa printer. Yang mana, pada waktu itu membutuhkan sekitar 1 juta dollar hanya untuk mendapatkannya Ciri-cirinya yaitu :

Proses kurang cepat

Daya simpannya kecil

Suhunya cepat panas sehingga membutuhkan sebauh pendingin

Ukuran hardware sangat besar, sehingga membutuhkan ruangan yang luas.

2. Generasi Transistor

Generasi tabung vakum mengalami perkembangan. Sehingga tergantikan oleh teknologi transitor sebagai komponen utama yang sangat canggih. Mulai digunakan sekitar tahun 1959 hingga 1965. Beberapa kelebihan yang dimiliki adalah ukuran yang lebih kecil, tidak terlalu panas, dan minim tingkat kegagalan.

Generasi ini sudah tidak lagi menggunakan bahasa mesin seperti sebelumnya. Digantikan dengan bahasa FORTRAN dan CBOL. Sehingga bisa dikatakan bahwa komputer transitor adalah lebih baik dibanding tabung vakum. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

Proses operasi lebih cepat

Mengembangkan magnetic score storage sebagai memori utamanya

Orientasi penggunaan program tidak hanya pada orientasi bisnis tetapi juga orientasi teknik

Mampu melakukan proses real time dan real sharing

Bahasa pemrograman tingkat tinggi

3. Generasi IC

Generasi ini disebut dengan generasi ketiga. Bentuk transistor diperkecil kemudian dietakkan pada IC bersama beberapa resistor dan kapasitor. Pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik. Kelebihannya adalah lebih cepat dan efisien. Juga merupakan komputer yang pertama kali menggunakan monitor dan keyboard.

Mengalami kemajuan dibanding sebelumnya yang menggunakan kertas. Karena dibandrol dengan harga yang cukup murah. Sehingga pada masa itu, orang-orang mampu membelinya. Ciri-cirinya di bawah ini :

Kapasitas memori lebih besar

Menggunakan terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara

Media penyimpanan dengan kapasitas yang besar

Karena menggunakan IC, sehingga memiliki performa yang lebih cepat

Peningkatan software

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Generasi Microprosessor

Pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian di tahun 1984 perusahaan Apple merilis Macintosh. Sejarah komputer dan perkembangannya selanjutnya memasuki masa microprosessor. Yang mana, masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Bersamaan dengan generasi microprosessor ini, lahirlah internet. Tampilan monitornya masih menggunakan satu warna (green color). Selain itu, dikembangkan sebuah chip sebagai memori komputer. Seiring berkembangnya waktu, para pakar mencoba untuk melengkapi apa yang belum ada. Yaitu PC-Compatible.

Oleh karena itu, pada generasi ini istilah PC mulai muncul. Perangkat mulai dikembangkan untuk perorangan dan mudah dibawa kemana-mana yaitu laptop. Beberapa contoh komputer generasi ke empat ini adalah IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, IBM PC/386 dan lain-lain.

5. Generasi AI

Yang terbaru dari perkembangan komputer adalah munculnya teknologi bernama AI. Yang memiliki kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan input dengan lebih baik. Bahkan dengan teknologi ini, Anda dapat menginput bahasa yang digunakan sehari-hari, menyesuaikan keadaan dan mempelajari lingkungan sekitar.

Banyak developer yang saat ini sudah mulai menggunakannya. Disebut sebagai komputer masa depan. Dikembangkannya intel dan microsoft yang diprakarsai oleh Bill Gates yang merupakan pionir dari standar hardware dan software di seluruh dunia. Ditandai dengan munculnya smartphone, tablet, netbook dan masih banyak lagi yang lainnya.

Juga LSI (Large Scale Integration) yang memadatkan ribuan microprosessor. Yang paling terbaru adalah Pentium Empat yang dikeluarkan oleh Intel Corporation. Walaupun komputer generasi ini memiliki bentuk yang kecil dan sederhana. Tetapi memiliki kecepatan dan kecanggihan yang tidak perlu diragukan lagi.

Cr. https://qwords.com/blog/sejarah-komputer/


(3) PERANGKAT KERAS KOMPUTER


Perangkat Keras Komputer (Hardware) adalah sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan atau dalam arti singkatnya sebuah komponen pada komputer yang bisa disentuh, dilihat dan diraba.
1. CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.
CPU = Kesing Komputer, bukan processor. Kalo processor komputer itu bentuknya kotak kecil dan cenderung harganya mahal untuk generasi terbarunya.
2. Motherboard (Mainboard)
Motherboard atau Mainboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.
3. Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.
4. Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
5. Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.
6. RAM (Random Access Memory)
Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.
7. Harddisk Internal
Harddisk adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.
8. Processor
Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.
9. Power Supply
Power Supply adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.
10. LAN Card (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) adalah jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.
11. VGA Card (Video Graphics Accelerator)
VGA Card (Video Graphics Accelerator) Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.
12. FDD (Floppy Disk Drive)
FDD (Floopy Disk Drive) adalah perangkat keras yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.
13. Printer
Printer adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
14. CD ROM / DVD ROM
CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.
15. Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
16. Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
17. Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas tertentu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.
18. Speaker
Speaker adalah perangkat keras keluaran(Output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
19. CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.
20. Touchpad
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.
21. Microphone
Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.
22. Projector
Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
23. Network Card
Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
24. Sound Card
Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) ke dalam komputer.
25. Heatsink (Kipas Pendingin)
Heatsink adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan pada processor agar komputer lebih stabil.
Kerusakan pada heatsink akan menyebabkan komputer cepat panas atau overheat.
26. Headset / Headphone
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.
27. Kabel Data
Kabel data adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang digunakan untuk mengirimkan atau menerima data dari komputer ke handphone.
28. Card Reader
Card Reader adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan lainnya.
29. Router
Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.
30. Hub/Switch
Perangkat keras komputer yang memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa node(komputer) sehingga membentuk suatu jaringan topologi.
31. Kamera
Kamera adalah perangkat tambahan para komputer yang berfungsi untuk melakukan sebuah rekaman pada diri kita atau wajah kita yang nantinya hasil rekaman tersebut bisa langsung di input atau dimasukan kedalam komputer. Seperti yang kita tau, Kamera sering digunakan oleh para gamers, youtubers atau bisa juga sebagai media live streaming untuk meliput langsung diri kita.
32. ROM (Read Only Memory)
ROM adalah media penyimpanan yang berfungsi hanya untuk membaca saja dan bersifat permanen. Dengan kata lain, program atau data yang tersimpan tidak akan hilang atau berubah walaupun aliran listrik dimatikan, berbeda dengan RAM, yang sifatnya sementara dan jika aliran listrik mati, maka data atau program yang kita jalankan akan menghilang.
33. Harddisk Eksternal
Harddisk Eksternal adalah sebuah media penyimpanan yang keberadaannya diluar dari bagian dalam komputer atau laptop, Kapasitasnya sangat besar dibandingkan dengan harddisk internal dan praktis bisa dibawa kemana saja. Tapi sayangnya, harga untuk hardisk eksternal cukup mahal dibandingkan dengan harga harddisk internal.
34. Floppy Disk (Disket)
Floppy Disk atau biasa dikenal dengan sebutan disket adalah media penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, hanya sekitar 1,44 mb.
Untuk teknologi yang sudah berkembang pesat seperti sekarang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi untuk file atau data yang sangat besar, karena sudah ada harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Meskipun begitu, perangkat ini masih saja dipakai untuk keperluan penyimpanan data ringan.
35. RJ45
RJ 45 adalah sebuah konektor kabel ethernet atau penghubung jaringan pada satu komputer ke komputer lainnya yang membentuk suatu jaringan yang disebut dengan topologi.
36. SSD (Solid State Drive)
SSD merupakan media penyimpanan selain harddisk dan ram yang memiliki tingkat kecepatan yang tinggi. Dengan menggunakan SSD, komputer dan laptop akan bekerja secara maksimal dengan kecepatan akses yang tinggi.
37. RGB LED
RGB LED adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilkan warna Red Green Blue (RGB) yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna.
Tidak memiliki pengaruh yang besar apabila menggunakan maupun tidak menggunakannya, karena hanya sebagai variasi saja.

Cr : http://wendyandriyan.blogspot.co.id/2014/10/macam-macam-perangkat-keras-pada.html






Kryptography

Kriptografi merupakan suatu ilmu ataupun seni mengamankan pesan oleh cryptographer. Ilmu dan seni untuk membuka (breaking) ciphertext disebut dengan Cryptanalysis sedangkan orang yang melakukannya disebut cryptanalyst. Kriptografi (cryptography) berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua suku kata yaitu kripto dan graphia. Kripto artinya menyembunyikan, sedangkan graphia artinya tulisan. Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data. Awal mula kriptografi dipahami sebagai ilmu tentang menyembunyikan pesan (Sadikin, 2012), tetapi seiring perkembangan zaman hingga saat ini pengertian kriptografi berkembang menjadi ilmu tentang teknik matematis yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan keamanan berupa privasi dan otentikasi (Diffie, 1976).

Fungsi Kryptography
Bisnis apa pun yang berhubungan dengan informasi pribadi dapat melihat kriptografi sebagai alat yang diperlukan untuk organisasinya. Teknik-teknik yang digunakan cryptographers untuk memastikan keamanan transfer rahasia data pribadi. Teknik yang berkaitan dengan tanda tangan digital dapat mencegah penipu menginterupsi data perusahaan, sementara perusahaan dapat menggunakan teknik hash functions untuk menjaga integritas data. Secara kolektif, manfaat ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan bisnis di era digital dengan kepercayaan penuh.

Contoh Sandi Lain 

• Sandi Jam

• Sandi Kurung



• Sandi Angka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WELCOME !!?!!!

Never lost hope,b ecause it is the key to achieve all your dreams ✨